Selasa, 17 Mei 2016

Cara Memasak Nasi Merah Agar Tidak Keras



Beras merah memang memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada beras putih. Kulit ari yang kaya serat dan minyak alami masih menempel pada beras merah. Kandungan serat alami pada kulit ari ini memberi efek kenyang, sedangkan kandungan lemaknya merupakan lemak esensial yang penting bagi perkembangan otak. Kandungan protein, vitamin, dan mineral pada beras merah juga lebih tinggi dibandingkan beras putih. Selain itu, kandungan gula pada beras merah pun lebih rendah daripada beras putih.

Sayangnya, kebanyakan orang kurang menyukai nasi merah karena teksturnya yang tidak sepulen nasi putih. Kulit ari yang masih menempel pada beras merah memang membuat nasi merah jadi terasa lebih keras dan kasar dibanding nasi putih. Tapi, sebenarnya nasi merah pun bisa terasa lembut kalau dimasak dengan benar. Beberapa tips berikut ini bisa Anda coba saat memasak nasi merah

Rendam sebelum dimasak
Agar lebih cepat matang, rendam beras merah selama 30-60 menit sebelum dimasak.

Gunakan air lebih banyak
Beras merah perlu dimasak dengan air 2 kali lebih banyak dibandingkan beras putih. Tiap 1 gelas beras merah membutuhkan sekitar 3-4 gelas air dalam proses memasaknya.

Masak lebih lama
Beras merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak. Jika Anda memasak nasi dengan rice cooker, tambahkan waktu memasaknya. Akan tetapi, hasil nasi merah akan lebih lembut jika dimasak dengan cara ditanak.

Campur beras merah dengan beras putih
Bila keluarga Anda masih menyesuaikan diri untuk mengonsumsi nasi merah, Anda bisa mencampur beras merah dengan beras putih, misalnya dengan perbandingan 3:1.