Kamis, 12 Mei 2016

Bola Makaroni untuk Menu Bekal Anak Ke Sekolah

Sajian Bola-Bola Makaroni tersebut pun bisa dibuat semakin lezat. Beberapa kreasi mudah berikut ini bisa Ibu coba:

Kalau Ibu tak ingin menggunakan smoked beef, bahan ini bisa digantikan dengan daging sapi,ayam cincang, atau kornet. Kalau mau lebih sehat, Ibu juga bisa menggunakan sayuran seperti wortel yang diparut halus. Tapi ingat, sayuran harus benar-benar dipotong atau diparut hingga halus agar adonan mudah tercampur rata dan bisa matang dengan sempurna.

Agar adonan makaroni lebih creamy, masukkan keju parut saat adonan dalam keadaan panas sehingga keju meleleh. Ibu juga bisa menggunakan jenis keju parut yang lebih mudah leleh. Keju inilah yang berfungsi sebagai perekat agar adonan Bola-Bola Makaroni lebih mudah dibentuk. Jangan lupa juga untuk memasukkan adonan makaroni dalam kulkas sebelum digoreng agar adonan tidak mudah hancur saat digoreng. Penambahan Royco rasa Sapi juga akan membuat adonan makaroni semakin sedap.

Agar pelapis Bola-Bola Makaroni semakin lezat, Ibu bisa mencampur tepung roti dengan bumbu tambahan seperti cabai bubuk atau bawang putih bubuk. Kalau mau adonan pelapis yang lebih renyah, tepung roti bisa digantikan dengan tepung panko.

Selain digoreng, Bola-Bola Makaroni juga bisa dimasak dengan cara dipanggang dalam oven suhu 175°C selama sekitar 20-30 menit atau hingga berwarna kuning kecoklatan. Balik bola-bola makaroni setiap 10 menit agar matang merata.

 Jika ingin membuat dalam jumlah banyak juga bisa lho, Bu. Setelah dibulatkan dan dilumuri dengan tepung, simpan bola makaroni di dalam wadah kedap udara dan taruh di dalam freezer. Bola makaroni bisa bertahan selama 1-2 minggu.

Bila dimasak dengan teknik yang tepat, hasilnya adalah Bola-Bola Makaroni yang empuk di bagian dalam dan renyah di bagian luarnya. Jika Ibu menyiapkan hidangan ini untuk menu bekal sekolah si kecil, ia pasti akan melahapnya sampai habis.